Jualan


eHaji.com | Waralaba Bisnis Travel Haji dan Umrah Mandiri

Jumat, 03 Agustus 2012

Proxy Server Pertamaku yg Kubuat dengan Tertatih-tatih

Alhamdulillahi Robbil Alamiin......
Itu kata pertama yang kuucapkan dengan bersemangat....
Thanks to:
1. Mr Yudi Linux (fb username) atas bimbingan memahami Linux Ubuntu Server, Mikrotik, Squid n secara umum tentang jaringan...
2. Mr Mashadi atas dukungannya secara material dan dorongan semangat (goro2 aq dipeseni server, dadi belajar lebih giat), sekarang dah siap bos kalo mau bikin proxy server....
3. Agus wismakom atas sharingnya tentang jaringan dan info squidnya.... Dan atas tantangannya siapa yang lebih dulu berhasil bikin proxy server...
4. Arie wismakom atas bantuan nyari programnya sekalian trik internetnya...

Diawali dari ide bbrp bulan yang lalu (terakhir aq nulis di blog ini) tentang keluhan temen-temen yang royokan bandwidth internet.... Tergeraklah hatiku untuk blajar bikin proxy server (padahal aq masih nol guede ilmune/ blank)
Bingung mau mulai darimana..... Mau blajar linux ga tau mau kemana..... Tiba-tiba aja inget kata-kata temen SMA ku panggilannya boim padahal nama aslinya bagus lho... Dia pernah cerita tentang temen smaku juga namanya yudi (yudi linux) dia buka linux center di desa mukuh (kab. Kediri) ... Lha itu masalahnya... Aq di Trenggalek.. Dianya di Kediri....kapan ketemunyaaaa..... Allah Maha Besar.... Memberikan apa yg dibutuhkan hambanya.... Diberikanlah aq waktu untuk bertemu dg yudi linux.... Bahkan dia sampe mau nginep dirumahku.... Sippppp..... Akhirnya belajarku linux dirumahku sendiri.... Tahap pertama sudah selesai... Instal Ubuntu Server di komputerku... Masih banyak yang bingung... Tapi lumayan sih... Udah tau beberapa perintah di linux dan mulai sedikit tau cara kerjanya......
Nemu jalan buntu nih... Si yudi... Ga bisa jelasin cara kerja squid (konfigurasi nya) padahal khan yang penting konfigurasinya ituu....cari sana cari sini... Googling... Masih bingung banget....
Ketemu yudi linux lagi... Dapet sedikit ilmu lagi... Tapi sayang ta terapin tetep ga bisaaa....
Binguuungggg.....
Akhirnyaa...... Tiga hari yang lalu (krn dikejar pesenan bikin proxy server; bonek ya... Blm bisa kok udah promo... HahahAa) dengan intensif....baca materi dari internet plus telpan telpon yudi (mungkin sampe waleh dianya... ƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑ )... Kemarin sudah bisa konek akhirnya, masih langsung sih... (Ga lewat mikrotik)... Dengan utak-atik file squid.conf.... Yang banyaknya luar biasa setingan defaultnya.... Blm termasuk konfigurasi yg kita bikin sendiri.... Di access.log sudah terlihat banyak yang masuk... Ubah lagi setingan biar /cache nya dapet ruang yang besar... Diakhir proses belajar kemarin udah bisa setting pembelokan arus pake mikrotik... Tapiii..... Kenapa hotspotnya ga bisa masuukkk???
Berhenti dulu lah..... Istirahatkan otak.....

Finally..... Tadi abis sarapan eh sahur.... Kemalemen sih bangunnya... Jam 2... Goro-goro wildan kebelet pipis... Sekalian aja sahurnya.....

Singkat aja yah... Dari beberapa referensi... Akhirnya hotspotnya sudah bisa masuk proxy.. Aha aha aha.... Dengan bandwidth yang pas-pas an aja.... Wus-wus-wus.... Mantap dahhh....

Timbul pertanyaan baru... Gmn kalo proxy server ini tidak bisa beroperasi....??? Semua ga bisa konek dong??? Padahal khan kalo tanpa proxy masih bisa jalan walo ga secepat kalo tanpa proxy.....
Baca sana baca sini akhirnya dapet inspirasi... Otomatisasi disable/enable proxy... Alhamdulillah.... Akhirnya pas juga.... Puaaaaasssss banget......


Ayooo.... Ayooo.... Ayooo..... Sapa yang mau pesen proxy server?????

Dah ready nih...... Harga promoooo.... Mumpung bulan Ramadhan nih......

See you on next purchase....... Bye.....


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Kamis, 31 Mei 2012

Terlalu Banyak Ide, Kurang Ilmu

Alhamdulillahirobbil alamin... Sangat banyak nikmat yang telah aq terima entah dalam keadaan sadar maupun tidak.
Sudah lama tidak menulis di blog ini. Dengan banyak alasan... Mulai dari jaringan speedy yg mogok, banyak garapan servis, bepergian dan lain lain..... Ga papalah emang manusia sukanya beralasan.... Namanya manusiawi.... Heheehee...
Sebenarnya banyak sekali ide yang pingin kutulis disini... Bahkan saking banyaknya jadi bingung mana dulu yang ditulis.... Tulis aja yang ingat thok..... Sambil jalan sapa tau ada yang ingat lagi....
Okey.. Yang pertama tentang LPSE (setahuku itu tu lembaga pengadaan barang dan jasa yang dikelola secara elektronik) yang ada di Trenggalek. Akhir-akhir ini menjadi perbincangan yang hangat, kenapa? Bukan karena pretasinya... Tapi banyaknya pihak luar yang ingin jadi admin.... Loh kenapa jadi admin aja kok pingin....?? Maksudnya bukan jadi admin beneran, tapi melakukan usaha agar admin yang asli malah ga bisa menggunakan kewenangannya. Hehehe..... Bingung? Samma kalo gitu... Kadang kita itu... Suka nge "tes" orang lain.. Dengan banyak maksud..... Pingin tau seberapa kuat perlindungan yg dia buat (dalam hal ini tentang keamanan web), pingin tau seberapa pintar orang yang membuat, dan lain sebagainya.... Namun mereka kadang bermaksud baik juga.. Sebagai orang luar mereka ngetes kemudian beritahu kepada admin kalo masih ada beberapa lobang yang harus ditambal... Sipp khan....
Kejadian itu bagiku tidak penting, tapi... Momen kejadian itu yang penting..... Yang pada akhirnya pingin belajar konfigurasi membuat server proxy berbasis linux yang diinstal squid dan di hubungkan dengan routher mikrotik.....
Weleh-weleh..... Bagiku kepinginan itu sesuatu yang tinggi banget.... Kenapa?? Ya.. Karena aq sama sekali ga pernah pake linux... Gimana coba mau bikin server wong linux aja ga ngerti....
Tapi pantang bagiku untuk nyerah.... Apalagi masih dibumi aja.... Istilah orang jawa... Barang katon mosok ra iso diplajari..... Artinya barang yang kelihatan saja kok, masak ga bisa dipelajari... Toh masih ada internet yang menyimpan banyak ilmu.... Toh masih punya banyak teman yang banyak ilmunya.... Contone.. Mas agus wismakom yang spesialis jaringan.... Mas arie wismakom yang spesialis program dan orangnya kreatif banget....
Itu sudah dua ide yang kalo mau dijalanin paling 6 bulan juga belum habis.... N setelah itu mau gabungin servert proxy itu ke jaringan RT/RW net ku.... Masih ada lagi... Mau mrospek ke kantor-kantor biar mereka semua bikin server n mempercepat koneksi internet mereka sekalian buat backup data secara periodik....
Waahhh..... Banyak banget.... Muluk banget gak sih? Mungkin beberapa melihat itu muluk.... Tapi kalo impian ga muluk mana bisa mencapai yang tinggi??
Okey deh..... Sekalian saja di sini ɑкΰ mohon bantuan tuk temen-temen yang sudah ahli di bidang tersebut.... Tuk kasih info ke aq.... Kalo perlu tak kursus kesana..... Apa aja dah....
Okey sementara itu dulu, walo masih banyak ide yang belum kutulis.... Sampai jumpa, selamat beraktifitas... Semoga bisa memberikan ide......Semoga Allah selalu memberikan barokah kepada kita semua.... Aamiinnn.....
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Senin, 23 April 2012

Cerita tentang DeepFreeze

Sudah lama tidak menyapa teman-teman semua....
Bukan karena apa-apa... kadang ide bisa datang seketika dan berbondong-bondong... kadang kering seperti saat kemarau... memang beberapa waktu sebelum ini... istri dan anak-anak sakit Flu dan agak berat.... hampir 2 mingguan.... tak perlu mengeluh... kami jalani dan akhirnya semua sembuh dan dah sehat... Alhamdulillah, syukur kp Allah yang telah memberikan kesembuhan pada keluarga kami...

Tak taunya... tampilan di dahboard blogger ini sudah berubah.... agak linglung juga.... tapi dengan agak  pelan, berhasil juga untuk bikin tulisan ini...

Oke... untuk sedikit mengisi kekosongan... teringat telpon dari teman bbrp hr yang lalu...
Bertanya  kalo dia sudah bikin bbrp materi powerpoint dan bbrp data yang lain untuk presentasi.... katanya hilang tak berbekas... bikin lagi... hilang tak berbekas lagi...
Usut punya usut.... beberapa hr sebelumnya dia minta program DeepFreeze... lha pas instalasi, dia langsung next.. next.. aja... tanpa melihat drive apa saja yang perlu di centang dan tidak.... biasanya hanya drive yang disitu diinstal sistem (biasanya drive: C)...aja yang dcentang..

Hehehe... adakah yang belum tahu program DeepFreeze? yaitu aplikasi sederhana yang berfungsi untuk membekukan drive... jadi... setelah drive dibekukan... maka tidak ada perubahan yang bisa diperbuat pada driver tersebut...

Gampang khan? kurang jelas? Tanya aja di mbah google... ato kalo perlu... kapan-kapan akan saya buat d
tulisan tentang ini...

Terimakasih... sampai ketemu lagi..

Share It